Recent Posts

    Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview Kerja





    Mempunyai pekerjaan memang dambaan bagi setiap orang yang sedang melamar pekerjaan. Akan tetapi, hal ini perlu persiapan matang. Khususnya dalam hal interview. Dalam hal ini, pelamar tidak serta merta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh HRD. Perlu kebijaksanaan dalam menjawa pertanyaan tersebut. Nah berikut adalah beberapa cara untuk kalian agar lebih mudah nantinya dalam hal menjawab pertanyaan dari HRD. Simak baik-baik.
    1. Gambarkan Diri Anda

    Apa yang ada di pikiran kalian jika team HRD bertanya tentang diri kalian sendiri? Apakah gambaran positif atau negatif? Maka hati-hati, pertanyaan ini mempunyau tujuan untuk mengetahui karakter dasar Anda. Karakter seorang karyawan merupakan aspek penting bagi perusahaan. Setiap calon karyawan yang berkarakter kuat tentunya akan menarik perhatian pemberi kerja. Terutama jika karakter sesuai dengan nilai-nilai perusahaan.

    Maka dari itu, coba pilihlah 3 kata yang dapat menggambarkan/mendeskripsikan diri Anda sendiri. Sesuaikan dengan posisi pekerjaan yang dilamar/diinginkan. Berikan gambaran karakter yang sesuai dan pilih kata-kata positif. Misalnya yaitu jujur, pekerja keras, antusias, berkomitmen tinggi, mudah bekerjasama, komunikator yang baik, dan lain sebagainya.
    2. Apa yang Diketahui Tentang Perusahaan Ini?

    Pertanyaan ini begitu penting, karena seorang pelamar wajib mengetahui tempat atau perusahaan yang dia tuju. Sehingga biasanya pertanyaan ini muncul untuk mengetahui tingkat pengenalan calon karyawan terhadap visi dan misi perusahaan.

    Langkah atau tips dalam menjawab pertanyaan seperti ini yaitu, pastikan fokus pada sisi positif perusahaan yang akan dilamar. Jangan sampai kalian membandingkan dengan perusahaan yang terdahulu (perusahaan tempat kalian kerja sebelumnya). Perlihatkan bahwa perusahaan yang sedang kalian lamar ini memiliki keunggulan-keunggulan yang membuat Anda tertarik untuk bergabung. Hal ini dapat membuat Anda akan lebih mudah diterima sebagai karyawan.
    3. Mengapa Tertarik Bergabung?

    Dalam hal ini orang-orang tentunya akan menjawab tentang suasana kerja yang lebih nyaman dan gaji yang tinggi. Ingat, Jangan terkecoh! Pertanyaan seperti ini merupakan usaha untuk mencari motivasi yang sesungguhnya. Setiap perusahaan lebih menginginkan pekerja yang loyal. Maka dari itu, pastikan jawaban yang diberikan bukan jawaban remeh seperti kenaikan gaji. Apalagi jika sampai mengutarakan ketidaknyamanan di perusahaan sebelumnya (menjelek-jelekkan perusahaan sebelumnya). Perusahaan yang baru tentu akan menilai Anda adalah orang yang tidak mau bekerja keras.

    Sebaiknya kalian jawab pertanyaan ini dengan alasan-alasan yang positif. Misalkan karena ingin berkontribusi lebih dalam menyalurkan bakat kalian. Atau karena posisi yang dilamar sesuai dengan latar belakang pendidikan yang kalian tempuh. Pastikan bahwa alasan bergabung lebih karena motivasi yang membangun.
    4. Prestasi Apa yang Telah Diraih Dalam Karier?

    Cukup wajar bahwa setiap perusahaan menginginkan calon karyawan yang terbaik. Maka dari itu, perusahaan biasanya ingin mengetahui pencapaian di masa-masa sebelumnya. Sehingga perusahaan dapat mengukur tingkat keberhasilan jika seumpama perusahaan memutuskan untuk mempekerjakan Anda.

    Untuk menjawab pertanyaan ini, jelaskan dengan baik setiap pekerjaan yang telah diselesaikan di perusahaan sebelumnya. Berikan contoh keberhasilan yang telah diraih sebelumnya. Buktikan bahwa Anda layak untuk diterima di perusahaan idaman .
    5. Jelaskan Rencana Anda ke Depan!

    Maksud dari pertanyaan ini yaitu untuk mengetahui berapa lama ingin bergabung dengan perusahaan yang dilamar. Jangan sampai ternyata perusahaan salah mempekerjakan seorang “kutu loncat” atau pegawai yang gemar berpindah-pindah perusahaan

    Kalian untuk menjawab pertanyaan ini, uraikan untuk tujuan jangka panjang. Pastikan bahwa kalian melibatkan perusahaan yang dilamar sebagai bagian dari rencana. Jawablah sebijak mungkin dan pikirkan dengan matang. Jangan sampai menjawab seadanya.
    6. Berikan Gambaran Tentang Pekerjaan yang Dilamar!

    Begitu penting untuk mengetahui posisi yang kalian dilamar. Karena hal tersebut berkaitan langsung dengan tugas di perusahaan tersebut di kemudian hari. Perusahaan pasti enggan mempekerjakan orang yang tidak mengerti apapun tentang tugas-tugasnya. Karena hal tersebut berarti butuh waktu lebih lama untuk membuat pekerja baru beradaptasi dengan lingkungan perusahaan.

    Maka dari itu, pastikan kalian telah mencari informasi terlebih dahulu apa yang kira-kira akan menjadi tanggung jawab. Dengan jawaban yang tepat, maka perusahaan akan merasa bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi ini.
    7. Terlalu Berpengalaman!

    Jangan mudah terkecoh dengan pertanyaan ini. Umumnya pertanyaan ini diajukan untuk menguji karakter Anda. Karena bisa jadi kalian terjebak dan menjawab dengan besar kepala.

    Maka dari itu, pastikan kalian menjawab dengan bijaksana. Tetap rendah hati dan utarakan terima kasih atas pujian tersebut. Jangan sampai watak asli seperti sombong dan cepat puas terlihat dengan jelas. Biasanya perusahaan enggan mempekerjakan pegawai yang sombong. Karena karakter tersebut dapat menyusahkan untuk bekerjasama dengan pegawai-pegawai yang lainnya.
    8. Mengapa Berhenti?

    Ini adalah pertanyaan yang amat penting. Karena dari jawaban perusahaan dapat menilai karakter dan orientasi Anda. Karena biasanya motivasi seseorang berhenti bekerja sangat erat dengan karakter dan orientasinya.

    Maka dari itu, hindari menyebutkan masalah pribadi sebagai alasan. Pastikan alasan karena sesuatu hal yang profesional. Pastikan juga bukan oleh karena konflik. Fokuslah pada jawaban bahwa ingin mencari posisi yang lebih baik untuk berkembang sesuai minat dan bakat.
    9. Apa Pendapat Tentang Lembur?

    Ini pertanyaan untuk mengetahui sebuah komitmen kalian. Maka dari itu, pastikan jawaban yang diberikan sudah cukup sesuai. Tidak berlebihan namun juga tidak kurang.

    Pastinya banyak yang tidak nyaman bekerja lembur. Namun nyatakan komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan sebesar mungkin. Jika harus bekerja lembur pastikan bahwa waktu lembur tersebut masih dalam batasan toleransi. Sehingga jangan sampai jawaban yang diberikan terkesan basa-basi.
    10. Berapa Gaji yang Diinginkan?

    Pertanyaan ini memang sulit untuk dijawab. Karena bisa jadi di posisi yang sama gaji yang diminta akan berbeda. Sehingga biasanya menentukan gaji membutuhkan pemikiran lebih.

    Oleh sebab itu ketahui lebih dahulu standar gaji di perusahaan yang akan dilamar. Perhitungkan faktor-faktor seperti pengalaman dan tingkat kesulitan pekerjaan. Jelaskan ekspetasi anda, namun pastikan masih di dalam standar perusahaan. Sehingga anda dapat memperoleh nilai maksimal dari standar yang diterapkan oleh perusahaan tujuan anda.

    0 Response to "Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview Kerja"

    Post a Comment

    gunakan kolom komentar secara bijak dan sifatnya membangun.
    Karena komentar kalian sangat penting bagi kemajuan Blog ini.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel