Recent Posts

    Cara Menarik Uang di ATM Tanpa Memakai Kartu ATM Lengkap dengan Video Tutorial

    Tulisan Ken – Pernah ketinggalan kartu ATM saat akan menarik uang di ATM ? apa yang sobat lakukan ? teriak atau pulang dengan penuh rasa kesal karena lagi ada kebutuhan yang sangat mendesak tapi tidak mendapati kartu ATM dalam dompet sehingga gagal transaksi via ATM ? don’t worry , ulasan ini akan mengupas tuntas bagaimana cara menarik uang di ATM tanpa menggunakan kartu ATM.
    Kedengarannya cukup aneh, tapi mungkin hal ini tidak aneh bagi yang melek teknologi perbankan khususnya. Penulis sangat merekomendasikan teknik tarik tunai di ATM tanpa kartu ATM ini kepada pebisnis yang aktif melakukan transaksi tunai atau pun non tunai via ATM supaya transaksi bisnisnya tidak terkendala hanya karena kartu ATM tertingggal di rumah sehingga tetap bisa menarik uang di ATM dengan lancar.

    Penulis akan mendemonstrasikan kecanggihan teknologi ATM BCA yang bisa melakukan transaksi ATM tanpa menggunakan kartu ATM. Mungkin teknologi ini sudah diterapkan di beberapa ATM, penulis tidak tahu detail ATM Bank apa saja yang sudah bisa melakukan transaksi ATM tanpa Kartu ATM. Jujur, teknologi ini sangat membantu disaat sedang kepepet karena bisa menyuruh teman ngambil uang kita di ATM hanya dengan sebuah kode saja tanpa harus menyerahkan kartu ATM kepada dia.

    Penulis memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para penggagas teknologi ini karena jika dilihat dari beberapa sudut pandang akan sangat besar manfaatnya bagi nasabah disaat harus berpacu dengan waktu untuk menarik uang tunai dari ATM namun lupa membawa kartu ATM, sehingga berkat teknologi ini bisa membuat transaksi via ATM menjadi lebih mudah dan ringkas tanpa hambatan.


    1. Kartu ATM tidak cepat rusak


    Material kartu ATM apabila sering keluar masuk mesin ATM kemungkinan besar akan cepat rusak apalagi setiap hari melakukan transaksi bisnis via ATM. Memang sih kalau rusak ya tinggal minta saja kartu ATM baru ke Bank yang bersangkutan, tetapi rasanya hal tersebut tidak efektif. Bagaimana kalau kartu ATM tersebut rusak saat hari libur Bank ? bête kan jadinya tidak bisa ngambil uang hari itu juga padahal lagi butuh banget.
    Dengan seringnya bertransaksi di mesin ATM tanpa menggunakan kartu ATM maka otomatis kartu ATM akan lebih awet karena jarang tersentuh oleh mesin ATM yang biasanya selalu saja ada bekas gesekan mesin pada kartu ATM tersebut sehingga permukaan kartu mengelupas terutama bagian Magnetic Strip-nya akan rusak apabila terlalu sering kena gesekan mesin ATM. Jadi gunakan kartu ATM seperlunya , apabila masih ada cara pintas maka sbaiknya kurangi penggunaan kartu ATM.

    2. Transaksi di mesin ATM lebih nyaman


    Beberapa permasalahan yang sering terjadi ketika transaksi via mesin ATM adalah kartu ATM tertelan atau lebih parah lagi tertinggal di mesin karena lupa ngambilnya saat meninggalkan mesin ATM sehingga sangat berbahaya apabila ada oknum yang menguras hasbis seluruh isi ATM tersebut, namun untuk teknologi di ATM BCA selalu diminta PIN setiap melakukan transaksi sehingga aman walau kartu ATM tertinggal di mesin.
    Dengan tanpa menggunakan kartu ATM, transaksi akan lebih simple dan pastinya lebih cepat dibanding menggunakan kartu ATM, asal kita sudah menyiapkan kode transaksi sebelum pergi ke mesin ATM. Selain itu, manakala kita menyuruh orang lain untuk mengambil uang di ATM tidak perlu memberikan kartu ATM dan PIN-nya tetapi hanya dengan memberikan kode transaksi tarik tunai saja (kode tarik tunai bisa diperhatikan nanti di demonstrasi ulasan ini).

    Apa Saja Yang Harus Disiapkan Untuk Bisa Menarik Uang Di ATM Tanpa Kartu ATM ?


    Menarik uang di ATM tanpa menggunakan kartu ATM tidak dapat dilakukan apabila belum memiliki beberapa peralatan pendukung yang harus disiapkan. Sebagaimana telah disebutkan tadi bahwa ini adalah teknologi ATM BCA jadi silahkan menyiapkan beberapa aplikasi produk BCA yang bisa mendukung transaksi tarik tunai di ATM BCA tanpa menggunakan kartu ATM.
    Produk BCA yang dimaksud adalah Mobile Banking BCA (m-BCA). Fitur transaksi tarik tunai via ATM tanpa kartu ATM ada di aplikasi m-BCA, jadi apabia belum memiliki produk ini silahkan registrasi m-BCA langsung ke Bank BCA. Unduh dan pasang aplikasi m-BCA tersebut sebelum melakukan registrasi serta jangan lupa siapkan nomor HP aktif yang nantinya akan digunakan di m-BCA.

    Steb by Step Menarik Uang di ATM Tanpa Kartu ATM


    Ada beberapa langkah yang harus dilakukan ketika akan melakukan transaksi, dantaranya menentukan nominal transaksi dengan menggunakan m-BCA. Lakukan cara ini sebelum pergi ke ATM supaya waktu transaksi di ATM tidak terlalu lama sehingga ini akan lebih efektif dan dengan begitu waktu sobat tidak banayak terbuang. Perhatikan langkah berikut ini !
    Pertama
    Silahkan akses aplikasi m-BCA yang sudah terpasang di smartphone sobat untuk memulai transaksi. Usahakan hal ini diilakukan sebelum pergi ke mesin ATM.


     Cara Menarik Uang di ATM Tanpa Memakai Kartu ATM Lengkap dengan Video Tutorial

    Gambar 1. Aplikasi BCA Mobile
    Setelah login pilih menu Setor Tarik untuk memulai transaksi tarik tunai, pastikan tidak ada masalah jaringan internet agar tidak menghambat proses transaksi.
    Kedua
    Tentukan nominal transaksi di halaman ini, satu kali transaksi maksimalnya Rp. 1.250.000. Nominal transaksi bisa dipilih apakah yang sudah disiapkan oleh sistem atau custom.



    Gambar 2. Memilih jenis transaksi dan nominal transaksi
    Ada dua transaksi yang ditawarkan yaitu setor tunai atau tarik tunai. Pilih TARIK (lihat panah nomor 1) untuk tarik tunai. Tentukan jumlah uang yang akan ditarik dengan memilih nominal yang telah disiapkan oleh sistem atau memilih Nominal Lain (lihat panah nomor 2) untuk menentukan jumlah yang sesuai keinginan, ingat jangan melewati batas maksimal transaksi.
    Ketiga
    Masih di setingan nominal transaksi. Halaman ini akan muncul apabila sobat memilih Nominal Lain seperti pada langkah kedua diatas.



    Gambar 3. pengaturan nominal transaksi tarik tunai pada m-BCA
    Silahkan masukkan nominal transaksi pada kolom ISI NOMINAL yang ditunjukkan oleh nomor 3. Tekan OK apabila sudah benar. Nanti akan muncul halaman informasi nominal transaksi yang telah diisi silahkan tekan OK saja untuk melanjutkan proses.
    Keempat
    Silahkan masukkan PIN m-BCA sobat, jangan sampai salah. PIN m-BCA bukanlah PIN ATM.



    Gambar 4. PIN entry m-BCA
    Masukkan PIN m-BCA pada kolom nomor 5. Pastikan PIN tidak salah, apabila lebih dari dua kali salah memasukkan PIN maka aplikasi bisa terblokir. Tekon OK bila PIN sudah benar.
    Kelima
    Ini adalah sejenis tiket transaksi tarik tunai yang berisi informasi nominal transaksi, kode transaksi dan jatuh tempo tansaksi.
    menarik uang di ATM tanpa kartu ATM.jpg
    Gambar 5. Resi/Tiket transaksi tanpa ATM pada m-BCA
    Tiket transaksi inilah yang akan kita bawa ke ATM, tidak perlu dicetak cukup dihafal saja kode transaksinya yang terdiri dari 6 digit angka. Tiket transaksi ini akan berlaku selama 2 jam, setelah masa berlakunya habis maka secara otomatis tidak akan bisa digunakan lagi dan untuk saldo rekening tidak akan bekurang karena tidak ada transaksi.
    Langkah selanjutnya adalah pergi ke ATM untuk melakukan transaksi tarik tunai. Yang diperlukan hanya kode transaksi yang ada di tiket dan nomor telepon yang teregistrasi pada m-BCA. Ingat kita hanya punya waktu 2 jam untuk mencairkan dana, apabila telat maka ulangi lagi dari langkah 1.
    Keenam
    Saatnya menarik uang di ATM. Poin ini adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai transaksi tanpa kartu pada mesin ATM.
    transaksi via ATM tanpa kartu ATM.jpg
    Gambar 6. Transaksi tanpa kartu pada mesin ATM BCA
    Pada layar mesin ATM silahkan tekan tombol TRANSAKSI TANPA KARTU, tombolnya ada sebelah kanan layar yang ditandai oleh nomor 7.
    Ketujuh
    Pada langkah ini mesin ATM akan meminta nomor telepon yang digunakan pada aplikasi m-BCA sobat.
    memasukkan nomor HP ke ATM.jpg
    Gambar 7. Entry nomor telepon m-BCA di mesin ATM pada transaksi tanpa kartu ATM.
    Silahkan masukkan nomor telepon m-BCA ke kolom nomor 8 jangan sampai salah nomor. Selanjutnya tekan tombol BENAR yang ditunjukkan oleh nomor 9.

    Kedelapan
    Selanjutnya mesin akan meminta kode transaksi sebanyak 6 digit angka. Ini adalah kode yang terdapat pada tiket transaksi (lihat langkah kelima).
    memasukkan kode transaksi m-BCA pada ATM.jpg
    Gambar 8. Memasukkan kode transaksi tarik tunai tanpa kartu ATM
    Masukkan 6 digit kode transaksi pada kolom nomor 10, jangan sampai salah dan pastikan tiket transaksi masih berlaku supaya kode tersebut berfungsi. Apabila tiket sudah kadaluwarsa maka silahkan membuat tiket baru pada aplikasi m-BCA. Tekan tombol BENAR yang ditunjukkan oleh nomor 11 bila kode transaksi sudah dimasukkan.
    .
    Kesembilan
    Transaksi selesai. Tidak ada data yang harus dimasukkan pada tahap ini. Mesin ATM akan menampilakan informasi TRANSAKSI ANDA SEDANG DIPROSES sebagai tanda bahwa permintaan transaksi diterima oleh sistem pada mesin ATM tersebut.
    Proses transaksi dana tunai pada ATM.jpg
    Gambar 9. Proses transaski pada mesin ATM BCA
    Silahkan tunggu beberapa saat sampai uang keluar dari mesin ATM. Sebelum meninggalkan ATM periksa jumlah uang yang keluar dari mesin dan pastikan jumlahnya sesuai dengan nominal yang ditarik.
    Demikian sembilan langkah mudah bertransaksi aman dan nyaman via ATM BCA semoga bisa membantu sobat dalam bertransaksi bisnis maupun keperluan yang lainnya. Sebaiknya gunakan teknologi yang lebih canggih apabila manfaatnya banyak daripada menggunakan teknologi jadul tetapi kurang efektif.

    Kesimpulan


    Menarik uang di ATM tanpa kartu ATM sangat kami rekomendasikan karena selain mengurangi tingkat kerusakan kartu ATM juga bisa menambah kenyamanan bertransaksi via ATM dan tidak takut kartu ATM ketelan atau tertinggal di mesin ATM.
    Jangan memperlihatkan tiket transaksi (lihat langkah kelima) kepada orang lain kecuali yang bisa dipercaya karena dengan data yang ada pada tiket tersebut uang bisa terambil.
    Transaksi tanpa kartu ATM tidak melibatkan nomor PIN ATM tetapi hanya menggunakan nomor HP yang teregister di aplikasi m-BCA dan kode transaksi yang dikeluarkan oleh m-BCA.
    Apabila ingin menyuruh orang lain mengambil uang di ATM dengan metode ini maka tidak perlu menyerahkan ATM dan PIN-nya, cukup memberikan kode transaksi dan nomor HP m-BCA yang sobat gunakan.

    0 Response to "Cara Menarik Uang di ATM Tanpa Memakai Kartu ATM Lengkap dengan Video Tutorial"

    Post a Comment

    gunakan kolom komentar secara bijak dan sifatnya membangun.
    Karena komentar kalian sangat penting bagi kemajuan Blog ini.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel